SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar tumpah di laut Parepare. Kamis (10/1/2019).

Akibatnya, air laut dikawasan perairan tersebut menjadi tercemar. Kejadian itu pun menjadi tontonan warga sekitar.

Pihak Pertamina sendiri langsung melakukan penyemprotan guna mensterilkan area agar tak berdampak lebih besar terhadap ekosistem bawah laut.

Sales Ritel (TBBM) Parepare, Faris mengatakan, beberapa personel Terminal Bahan Bakar Minyak Depok Parepare telah turun melakukan pemeriksaan dan penyemprotan.

“Laut Cempae yang tercemari minyak telah disemprotkan oil dispersant,” kata dia.

Dispersant oil merupakan campuran pengemulsi dan pelarut yang membantu memecah minyak menjadi tetesan kecil. Sehingga tetesan kecil lebih mudah terurai oleh mikroba di dalam air.

Dia mengaku, minyak solar yang tertumpah di laut Cempae, berasal dari kebocoran kapal MT Golden Pearl XIV yang baru saja sandar di terminal milik Pertamina.

Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII Sulawesi, Roby Hervindo mengakui ada kebocoran di salah satu kapal tanker pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut.

“Kapal tanker ini mengalami kebocoran saat sandar di TBBM Parepare. Sehingga tumpahannya menyebar di sekitar pesisir Cempae,” sebut dia.

Dia mengaku masih melakukan penelusuran penyebab kebocoran kapal tersebut.

“Kami masih telusuri penyebab bocornya kapal tanker MT Golden Pearl XIV. Tetapi kami jamin tak mengganggu distribusi BBM,” jelas dia. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here