SmartNewsCelebes.Com, Makassar – Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie, di Kota Parepare, Sulawesi Selatan telah diresmikan, Maret 2020 lalu.

Meski begitu, pembangunan RS tersebut masih membutuhkan sentuhan yaitu tahap penyelesaian akhir dan pengadaan alat kesehatan laim.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulsel Rahman Pina meminta Pemerintah Provinsi Sulsel segera menuntaskan pembangunan RS monumental tersebut.

“Pembangunan RS Regional Hasri Ainin Habibie sudah dalam tahapan penyelesaian dan pengadaan peralatan, makanya kami meminta Pemprov agar segera merampungkan tahun ini, saya kira jika rampung maka ini akan menjadi legacy (warisan) dari Pak Gubernur bersama Pak Walikota,” kata Rahman Pina kepada wartawan, (16/8/2020).

Anggota Fraksi Partai Golkar Sulsel ini mengungkapkan, RS Hasri Ainun Habibie menjadi RS regional pertama yang sudah dalam tahap finishing.

“Kalau yang lain masih dalam tahapan pembebasan lahan atau penimbunan. RS Ainun Habibie sudah tahap penyelesaian dan akhir tahun ini sudah bisa dirampungkan, saya kira bisa dianggarkan di APBD Perubahan untuk finishingnya dan dukungan peralatan,” kata Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel itu.

Seperti yang diketahui, Pembangunan RS Regional Hasri Ainun Habibie berdiri atas gagasan Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, sebagai bentuk respons cepat pemerintahannya terhadap program andalan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam hal pelayanan kesehatan.

Sinergi antara Gubernur dan Walikota Parepare menjadikan pembangunan RS regional yang berdiri megah di kawasan Tonrangeng River Side Parepare itu berlangsung cepat.

Pembangunan RS berlantai tujuh itu menggunakan anggaran Rp75 miliar APBD Sulsel. Dengan suntikan anggaran di APBD Perubahan 2020 ini maka RS Hasri Ainun Habibie akan bisa digunakan tahun depan.

“Jika rampung maka RS regional ini layak menjadi percontohan untuk pembangunan RS regional di beberapa daerah, harapan kami bisa rampung tahun ini,” harap mantan anggota DPRD Makassar ini.

Sebelumnya Wali kota Parepare HM Taufan mengemukakan, hadirnya rumah sakit tersebut atas keprihatinannya terhadap pelayanan kesehatan yang ada.

Pembangunan RS Hasri Ainun Habibie kata Taufan Pawe sangat monumental, karena Parepare menjadi daerah pertama mewujudkan salah satu program unggulan gubernur, yakni pembangunan RS regional di luar Makassar.

Taufan juga mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Gubernur Sulsel. Pembangunan dilakukan dengan membantu daerah dengan konsep sinergitas, sehingga daerah tidak hanya mendapat bantuan semata dari Provinsi.

Demi meningkatkan pelayanan kenyamanan dan keindahan rumah sakit tersebut Taufan berinisiasi menambah anggaran tambahan seperti Dana Insentif Daerah (DID).

“Ini merupakan rumah sakit regional dengan konsep medical tourism, kami juga menyentuh dengan dana lain yaitu seperti dana DID,” jelas Taufan Pawe.

Walikota Taufan Pawe berhasil menghadirkan rumah tersebut. Dan diresmikan langsung oleh Gubernur Sulsel. Peresmian itu bertepatan dengan puncak peringatan HUT Ke-60 Parepare. 14 Maret 2020 lalu.

“Saya bangga semua anggota DPRD Sulawesi Selatan yang datang mengatakan bahwa, ‘Gubernur ini Pak Walikota ini bangun Mall atau bangun rumah sakit,” kata Nurdin Abdullah, saat peresmian RS di Parepare.

Dalam kesempatan itu, Nurdin mengatakan untuk kelanjutan pembangunan Pemprov menunggu perhitungan berapa kebutuhan anggaran untuk pembangunan tahap kedua.

Nurdin mengharapkan, sinergi dapat dilakukan antara rumah sakit ini dengan rumah sakit yang ada di Makassar.

“Insya Allah lima lagi rumah sakit regional kita bangun yang pertama di sini kota Parepare kita telah wujudkan bersama yang kedua Kota Palopo,” sebutnya.

Untuk lantai satu fasilitas yang ada ruang UGD dan Ruang KB terintegrasi, lantai dua rekam medik dan radiologi, lantai tiga poliklinik dan fisioterapi, lantai empat kamar operasi, lantai lima ICU dan ICCU, lantai enam dan tujuh kamar perawatan.

Sebelumnya, Banggar DPRD Sulsel juga telah melakukan kunjungan untuk melihat langsung progres pembangunan RS Ainun Habibie di Parepare, beberapa waktu lalu.

Usai berkunjung, rombongan yang dipimpin langsung Ketua Banggar, Rudy Piter Gony menyampaikan apreasi atas kesuksesan Pemkot Parepare memback-up Pemprov dalam pembangunan RS regional tersebut. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here