SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Inovasi Pemerintah Kota Parepare tidak hanya mengedepankan kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat di bidang pemerintahan, tetapi juga menyasar pelayanan masyatakat di bidang keagamaan.

Masjid Binalipu Kota Parepare yang berada dalam komplek Kantor Walikota Parepare menerapkan sumbangan berbasis Online.

Sekertaris Daerah Kota Parepare, H. Iwan Asaad menginisiasi hadirnya “Celengan online ” layanan Sumbangan di Masjid Binalipu, tersebut.

Abd. Waris, Kepala Bagian Kesra mengatakan hadirnya Celengan Online ini akan memberikan kemudahan bagi jamaah yang ingin menyumbang di Masjid.

Melalui jaringan internet atau online jamaah yang ingin mengisi celengan masjid tidak harus hadir di Masjid lantas mengisi celengan tetapi celengan Masjid dapat diisi melalui aplikasi Dompet Digital atau E-Walet seperti LinkAja, OVO, GoPay dan DANA.

Jamaah tinggal masuk ke dompet digital yang dimiliki, misalnya Ovo, Gopay, Link Aja, Dana. Setelah menscan kode dan memasukkan nominal sedekah, sumbangan tersebut akan langsung tertransfer ke rekening Masjid Binalipu Kota Parepare.

“Dengan adanya inovasi ini jamaah bisa kapan dan dimana saja dapat mengisi celengan masjid,” kata dia. (8/7/2020).

Melalui aplikasi, kata dia, jamaah masjid tinggal melakukan scan barkode yang tertempel di pintu Masjid.

Dia berharap barcode ini dapat terisosialisasikan agar semakin banyak jamaah masjid yang menyumbang sebagai tabungan akhirat kelak.

“Inovasi celengan online ini disamping menjamin keamanan kotak amal Masjid dari pencurian, juga secara tidak langsung telah menerapkan protokol kesehatan covid 19 dengan tidak melakukan transaksi secara tunai,” jelas dia.

Kehadiran Celengan Online ini merupakan salah satu perwujudan Parepare menuju konsep smart city.

Beberapa waktu yang lalu Walikota Parepare taufan pawe, mengharapkan Parepare menjadi Kota Smart City dan di Tahun 2020 Taufan Pawa ingin menjadikan Parepare Sebagai Kota Bj. Habibie yang maju. (adv/smart)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here