SmartnewsCelebes, Parepare – Menyemarakkan HUT ke-60 Kota Parepare, Pemerintah Kota Parepare menggelar bakti sosial (Baksos).

Baksos yang terdiri dari beberapa agenda kegiatan ini digelar di Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Sabtu, 15 Februari 2020.

“Kegiatan Baksos pagi ini adalah rangkaian menyemarakkan HUT ke-60 Kota Parepare,” ungkap Hasan Ginca, Koordinator Bidang Baksos Panitia HUT Parepare yang juga Kepala Dinas Sosial Parepare.

Hasan Ginca mengemukakan, bakti sosial ini dikerjasamakan SKPD terkait, seperti Dinas Kesehatan dan RSUD Andi Makkasau Parepare.

Kegiatan yang dikerjasamai dengan Dinas Kesehatan dan RSUD, kata dia, meliputi senam prolanis, donor darah, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut oleh PDGI, dan penyuluhan stunting.

Hasan Ginca menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti Senam Prolanis. “Jumlahnya ratusan orang, terdiri dari 100 orang siswa SD, 60 orang SMP, prolanis 150 orang, dan 100 orang Ormas dan OKP,” terang Hasan Ginca.

Salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang ikut hadir menyemarakkan Baksos itu adalah Karang Taruna Parepare.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Dr Hj Halwatiah mengatakan, manfaat senam prolanis sebagai pencegahan dini penyakit kronis di usia senja.

Gerakan-gerakan senam prolanis ini berbeda dengan senam pada umumnya. Gerakannya lembut sehingga bisa diikuti oleh penderita penyakit kronis sehingga secara perlahan dan mampu mencegah penyakit kronis, seperti hipertensi diabetes miletus, dan jantung,” papar Halwatiah yang tercatat sebagai pasien pertama dalam kegiatan donor darah pada Baksos. Disusul Hasan Ginca sebagai pasien kedua dalam Baksos donor darah ini.

Kegiatan Baksos dibuka oleh Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim didampingi Sekda, H Iwan Asaad, dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare. (hms / smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here