SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare menyiagakan Posko Bencana mulai, Minggu, 5 Januari 2020.

Itu menyusul cuaca buruk yang melanda dalam beberapa hari terakhir. Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim dan Sekda H Iwan Asaad selaku Ex Officio Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parepare sudah turun memantau kondisi terkini pasca angin kencang dan intensitas hujan tinggi, Minggu, 5 Januari 2020.

Wawali dan Sekda juga mengecek persiapan Posko Bencana di BPBD dan Dinas Sosial (Dinsos).

“Posko Bencana di Dinsos mulai Minggu malam. Sedangkan di BPBD, Damkar dan CC 112 setiap hari walaupun kondisi cuaca normal saja,” ungkap Sekda Iwan Asaad.

Khusus di Dinsos, kata Iwan Asaad, memastikan stok beras dan bahan pangan dapat didistribusikan bagi yang memerlukan.

“Termasuk hari ini Senin, 6 Januari 2020, kita minta bantuan terpal dari Dinsos Sulsel untuk digunakan di Parepare, karena sementara habis terpalnya,” lanjut Iwan.

Selain itu, Iwan yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, sudah meminta para Kepala Puskesmas agar siaga pelayanan di Puskesmas karena bencana ini.

Terkait kerusakan dan kerugian materi maupun adanya korban jiwa, Iwan mengaku, masih dilakukan pendataan oleh camat dan lurah malam ini untuk disampaikan di Posko BPBD.

“Kalau terkait pohon tumpang akan dirampungkan selesai malam ini dengan prioritas akses jalan dan rumah warga,” terang Iwan.

Kepala Pelaksana BPBD Parepare Muh Rusli yang dihubungi terpisah, Minggu malam, 5 Januari 2020 mengatakan, kerusakan dan kerugian materi masih dalam pendataan. Namun dia memastikan tidak ada korban jiwa.

“Sementara kita validasi datanya. Tapi data sementara, ada 39 rumah rusak dan 28 pohon tumbang. Korban jiwa nihil, kerugian material belum bisa kami hitung. Sementara bantuan yang bisa kami lakukan hanya terpal itupun terbatas,” kata Rusli. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here