SmartNewsCelebes.Com, Jakarta – Kadang, suara serak bisa membuat Anda terdengar lebih menarik. Namun, suara yang serak terus menerus bisa membuat tenggorokan menjadi lemah dan lelah karena perlu tenaga berlebih untuk mengeluarkan suara. Kira-kira, kenapa suara yang keluar dari tenggorokan bisa menjadi serak atau parau? Bagaimana cara untuk mencegah dan mengobatinya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa yang menyebabkan suara serak?

Suara serak umumnya disebabkan oleh iritasi atau cedera pada pita suara. Suara serak bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi, yaitu radang tenggorokan akut (radang pita suara) yang paling sering ditimbulkan oleh infeksi saluran pernapasan bagian atas (biasanya virus), atau karena terlalu sering menggunakan suara seperti berteriak-teriak atau bernyanyi.

Penyebab lain yang bisa menyebabkan suara jadi serak:

Refluks asam lambung (GERD), Alergi,
Iritasi pada saluran pernapasan,
Merokok, Gangguan tiroid,
Trauma (cedera) pada laring atau pita suara, Kondisi saraf seperti penyakit Parkinsondan stroke

Apa saja gejala suara serak?

Suara serak biasanya ditandai dengan kondisi suara yang terdengar kasar atau pecah. Hal ini juga ditandai dengan adanya perubahan nada atau volume suara. Selain itu, suara parau atau serak ini bisa ditandai dengan kesulitan untuk mengeluarkan suara ketika hendak berbicara.

Saat sedang serak, tenggorokan Anda juga mungkin terasa sakit, perih seperti terbakar, atau gatal.

Umumnya, dokter akan mengajukan pertanyaan mengenai beberapa hal yang mungkin saja Anda lakukan sehingga suara serak di tenggorokan Anda bisa muncul. Biasanya pemeriksaan ini akan difokuskan pada kepala bagian leher dan bagian kepala.

Sering kali dalam beberapa kasus, tabung lentur yang panjang dan terang (cakupan serat optik) akan dimasukkan ke dalam tenggorokan untuk secara langsung untuk mendeteksi kelainan atau masalah pada kerongkongan Anda oleh dokter telinga hidung tenggorokan kepala leher.

-Cara cepat mengobati suara serak

Pengobatan untuk suara yang serak umumnya dilakukan tergantung pada penyebabnya. Karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke unit kesehatan terpercaya dan mendapatkan diagnosis yang tepat. Apalagi kalau suara Anda sudah lama jadi serak, tetapi tidak kunjung pulih seperti semula. Berikut adalah langkah pengobatan kalau suara Anda serak.

Jika Anda menderita laringitis akut yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan bagian atas, biasanya dokter akan menganjurkan Anda untuk istirahat di rumah. Pasalnya, dalam kebanyakan kasus, kondisi ini akan membaik sendiri.

Pengobatan dengan menghirup uap juga bisa membantu agar suara normal kembali. Untuk melakukannya, Anda bisa siapkan air panas dalam mangkok atau baskom besar. Kemudian, posisikan kepala Anda di atas baskom tersebut dan hirup uapnya yang hangat. Anda bisa menutupi kepala dengan handuk atau kain yang cukup tebal supaya uapnya tidak cepat hilang dan terlepas ke udara.

Anda juga perlu mengistirahatkan suara Anda guna menghindari iritasi lebih lanjut atau cedera pada pita suara.

Disarankan untuk berhenti merokok untuk orang-orang yang merokok.

Dalam beberapa kasus, mungkin pembedahan dan perawatan lebih lanjut akan dilakukan jika terdapat pembengkakan pada laring/pita suara atau bahkan kanker laring.

-Bagaimana mencegah agar suara tidak serak?

Sebenarnya, Anda bisa mencegah suara jadi serak kalau Anda sudah memiliki faktor risikonya. Misalnya Anda sudah mengalami gejala radang tenggorokan lainnya seperti demam dan sakit kepala, sebaiknya segera obati radang tenggorokan agar suara tidak jadi serak.

Di samping itu, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk menjaga suara tetap jernih.

Jangan berteriak-teriak atau berbicara keras dalam jangka waktu yang lama. Jika demikian, ada baiknya Anda menggunakan mikrofon atau pengeras suara lainnya.

Terapis suara atau guru menyanyi dapat membantu Anda, dalam kasus tertentu, untuk membantu melatih suara tanpa harus membuatnya menjadi serak.

Berhenti merokok dapat mencegah suara menjadi serak, bahkan mencegah perkembangan kanker laring.

Orang dengan suara serak yang disebabkan oleh refluks asam lambung (GERD) atau asam lambung naik sebaiknya jaga pola makan dan hindari alkohol, kafein, dan makanan pedas. (hellosehat/smart)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here